Launching Program Unggulan Anak Indonesia Sehat


Aceh Besar - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh bersama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, menggelar acara Launching Program Unggulan Anak Indonesia Sehat serta memperingati Hari Anak Nasional mengusung tema “Anak Indonesia Sehat, Anak Indonesia Ceria” di kawasan MIN 4 Aceh Besar (23/07/2018).

“Dengan adanya stackholder seperti LKC Dompet Dhuafa Aceh, kami sangat terbantu dan mendukung kegiatan pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah-sekolah yang berada di Aceh Besar ini sehingga menjadi mandiri dan berdaya”, ujar Asisten III Aceh Besar, Dr. Samsul Bahri yang mewakili Wakil Bupati membuka acara launching tersebut. Beliau juga menambahkan, bahwa penting sekali bersinergi dalam banyak program serupa tidak hanya di kecamatan Montasik, tapi juga beberapa kecamatan lainnya di Aceh Besar. Acara launching pun resmi dibuka dengan pemukulan rapa’i (alat musik kendang khas Aceh) bersama antara Direktur LKC Dompet Dhuafa Aceh, Asisten III Kab. Aceh Besar, Kemenag Aceh Besar, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Besar serta Bapak Camat Kecamatan Montasik.

Adapun direktur LKC Dompet Dhuafa Aceh, dr. Nuril Annissa Niswanto, mengatakan bahwa Program Unggulan Anak Indonesia Sehat ini adalah inisiatif untuk memajukan kesehatan dari tingkat dasar pendidikan. Program ini nantinya akan bersinergi dengan Penanggung jawab UKS di Puskesmas kecamatan setempat serta guru pembina UKS di sekolah tersebut. Selama ini, LKC Dompet Dhuafa Aceh sudah membina 3 SDN di Kotamadya Banda Aceh dengan total 767 penerima manfaat (dokter kecil) dalam kurun beberapa tahun terakhir. Kini, saatnya LKC masuk ke Kabupaten Aceh Besar untuk mereplikasi kebaikan program unggulan ini ke SDN/MIN yang potensial. Dalam hal ini, penandatanganan MoU bersama dengan Wakil Bupati Kab. Aceh Besar, Tgk. H. Husaini A. Wahab dua minggu sebelum acara launching tadi pagi yang bertempat di Kantor Bupati Aceh Besar adalah bentuk dukungan besar dari pemerintah kabupaten yang patut diapresiasi setinggi-tingginya dalam mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik di berbagai daerah di Aceh Besar bersama LKC Dompet Dhuafa Aceh. Ke depan, untuk sementara ini ditargetkan akan ada 8 SDN baru dan 2 MIN di Aceh Besar yang akan mendapat manfaat Program Unggulan Anak Indonesia Sehat ini, yaitu di kecamatan Montasik, Ingin Jaya, Krueng Barona Jaya, Baitussalam dan Mesjid Raya.

Acara ini juga diramaikan dengan berbagai penampilan seni dan budaya misalkan Tarian Ranuep Lam Puan, Shalawat dan Antraksi Bengkel Musik oleh siswa dan siswi MIN 4 Aceh Besar. Mereka tampak antusias mengekspresikan diri di Hari Anak Nasional 2018 ini dengan berbagai kreatifitas yang ditepuktangani secara meriah oleh para hadirin. Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Besar turut memeriahkan acara dengan menghadirkan Mobil Perpustakaan Keliling yang langsung diserbu oleh anak-anak yang ingin membaca. Tampak bahkan setelah acara selesai, mereka tetap duduk dan sambung membaca. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Besar, Anita, SKM. yang diundang bersinergi oleh LKC Dompet Dhuafa Aceh menyebutkan bahwa peningkatan minat baca di kalangan anak-anak bisa sejalan visi misinya dengan Program Unggulan Anak Indonesia Sehat. Di mana, tak hanya kita mengajarkan anak-anak untuk sehat fisiknya, kita juga mengajarkan mereka untuk meningkatkan minat literasi agar pikirannya pun semakin terbuka.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar