STERILISASI ALAT MEDIS

---- STERILISASI ALAT MEDIS -----
Sterilisasi, adalah suatu proses mematikan segala bentuk kehidupan mikro organisme yang ada dalam sample/contoh, peralatan-peralatan atau lingkungan tertentu. Dalam bidang bakteriologi, kata sterilisasi sering dipakai untuk menggambarkan langkah yang diambil agar mencapai tujuan meniadakan atau mematikan semua bentuk kehidupan mikroorganisme

Ada beberapa metode sterilisasi yang digunakan dalam 'membersihkan' alat-alat kesehatan khususnya yang penggunaannya kontak langsung dengan aliran darah/cairan tubuh dan jaringan tubuh.

Dan metode atau proses sterilisasi dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu :

1. Secara fisik (panas kering)
2. Uap bertekanan tinggi (panas basah)
3. Secara kimia (perendaman/dingin dan gas)

Dalam melakukan proses sterilisasi harus melalui langkah-langkah yang benar bukan dengan cara langsung, maksudnya; alat-alat di cuci dan langsung di steril, bukan seperti itu tapi ada beberapa tahapan agar proses sterilisasi bisa tercapai.

Langkah-langkah sebelum melakukan proses sterilisasi :

1. Dekontaminasi
Salah satu cara yang digunakan untuk menurunkan jumlah mikroorganisme pada benda mati (alat) sehingga aman untuk digunakan.

2. Pencucian
Suatu cara yang digunakan untuk menghilangkan/membersihkan kontaminan (debu, tanah, tinja, darah, pus atau nanah dan sejumlah besar mikroorganisme) yang terdapat pada alat atau bahan yang dicuci. Melakukan pencucian sebelum proses disinfeksi dan sterilisasi adalah sangat diperlukan dan harus dilakukan.

3. Disinfeksi
Suatu cara yang digunakan untuk membunuh/menghilangkan/menghancurkan mikroba tapi dalam proses ini tidak semua mikroba dapat dihilangkan.

Pemilihan Cara Sterilisasi Yang Tepat
Dengan mengetahui dan memilih metode sterilisasi yang tepat akan tercapai efektifitas dalam proses sterilisasi. Misalnya; melakukan sterilisasi terhadap kasa, maka dalam melakukan sterilisasi jangan dicampuradukkan dengan alat-alat berbahan stenleis. Memang kebanyakan akan berpendapat, jika digabung menjadi satu akan menghemat waktu sterilisasi. Tapi dalam sterilisasi, selain efektifitas yang didapat harus dilihat dulu keamanan bahan yang disterilkan.

Di Klinik Lkc Dompet Dhuafa Aceh, tugas sterilisasi alat medis ini menjadi tanggung jawab perawat Rizky Hidayatullah Amk, dengan telaten dan profesional beliau menjaga alat medis di Klini Lkc Dompet Dhuafa Aceh aman dan sehat bagi para pasien.


Gambar.
Team medis LKC DD Aceh sedang mengsterilisasikan alat medis

Gambar.
Team medis LKC DD Aceh sedang mengsterilisasikan alat medis

Gambar.
Team medis LKC DD Aceh sedang mengsterilisasikan alat medis

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar