DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa (DD) adalah lembaga nirlaba yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infaq dan sedekah (ZIS). Organisasi ini lahir dari empati kolektif komunitas jurnalis yang sering berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya.
Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun  yang berkepedulian kepada kaum dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri Lembaga Independen DOMPET DHUAFA REPUBLIKA. 

Dompet Dhuafa tercatat di Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk yayasan. Pembentukan Yayasan dilakukan di hadapan Notaris H. Abu Yusuf SH tanggal 14 September 1994, diumukan dalam Berita Negara RI No.163/A.YAY.HKM/1996/PN JAKSEL. Tanggal 8 Oktober 2001 Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan nomor 439 Tahun 2001 tentang Pengukuhan Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat tingkat Nasional.

Menyantun Dhuafa, Menjalin Ukhuwah dan Menggugah Etos Kerja adalah inti aktivitas Dompet Dhuafa. Programnya tertuang untuk memberdayakan dhuafa dengan mendayagunakan dana secara amanah. Dompet Dhuafa merupakan organisasi nirlaba profesional dan menjadi pionir lembaga nirlaba lokal dan DD telah berpengalaman sejak tahun 1993 menggulirkan program-program baik yang berorientasi charity maupun community development serta DD telah memiliki 17.979 donatur tetap yang 90%-nya ada di Jakarta (updated per 2005) dan DD berdiri netral-objektif, non-partisan, non-politis dan mengutamakan transparansi laporan publik (Laporan keuangan audited setiap tahun).
Profesionalitas DD kian terasah seiring meluasnya program kepedulian dari yang semula hanya bersifat lokal menjadi nasional, bahkan internasional. Tidak hanya berkhidmat pada bantuan dana bagi kalangan tak berpunya dalam bentuk tunai, DD juga mengembangkan bentuk program yang lebih luas seperti bantuan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bantuan bencana.

LAYANAN KESEHATAN CUMA-CUMA DOMPET DHUAFA ACEH (LKC DD)

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) merupakan lembaga non profit jejaring Dompet Dhuafa khusus di bidang kesehatan yang melayani kaum dhuafa secara paripurna melalui pengelolaan dana sosial masyarakat (ZISWAF- Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) dan dana sosial perusahaan. LKC memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada peserta (member) yang telah terverifikasi. Di mana setiap calon penerima manfaat mendaftar ke LKC dan kemudian disurvey oleh tim survey.
LKC adalah Layanan Kesehatan Cuma-Cuma yang berkhidmat  pada kesehatan kaum dhuafa. Keberadaannya berawal dari tekad Dompet Dhuafa (DD) untuk memberikan  hak  hidup sehat masyarakat dhuafa. Dibangunlah jejaring kesehatan sebagai wujud nyata harapan masyarakat dhuafa.
LKC memberikan  layanan dalam gedung bersifat kuratif. Selain itu LKC DD memberikan  layanan luar gedung bersifat promotif dan preventif secara holistik, baik dalam bidang medis dan non medis. Untuk optimalisasi layanan LKC didukung kerja sama dengan operasional dengan rumah sakit lain yang mampu melakukan pelayanan medis 24 jam dan mobile-service.
LKC didanai oleh dana Zakat, Infaq/Shadaqah dan Waqaf (ZISWaf). Untuk menjaga ketepatan sasaran pendayagunaan dana, kami mengembangkan sistem kepesertaan (membership) bagi kaum dhuafa yang ingin berobat. Penentuannya melalui survei dan wawancara. Insya Allah dana ZISWaf  bermanfaat strategis dalam  memberdayakan dhuafa.
  • SEJARAH LKC DD

Ä  Dompet Dhuafa Republika diresmikan tanggal 2 Juli 1993 dan menjadi lembaga sosial sesuai Akta Notaris No 41 tanggal 14 September 1994 oleh H. Abu Jusuf, SH, Notaris Jakarta.
Ä  Tahun 2000, Eri Sudewo, perintis Dompet Dhuafa republika dan dr. Piprim Yanuarso SpA membuat konsep layanan kesehatan gratis untuk kaum dhuafa
Ä  September 2001 perijinan teknis ke Departemen Kesehatan RI.
Ä  17 Oktober 2001, LKC mulai menerima pasien dhuafa
Ä  3 November 2001, LKC mengundang sejumlah masyarakat sekitar Ciputat untuk doa bersama
Ä  6 November 2001, LKC diresmikan oleh Wakil Presiden RI Hamzah Haz

Sedangkan untuk wilayah Aceh Layanan Kesehatan Cuma – Cuma diresmikan pada tanggal 17 Juli 2012 oleh Wakil Walikota Banda Aceh Ibu Hj. Illiza Sa’aduddin djamal, SE. Dengan legalitas Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Nomor: 441/129 /SK / 2012. Sejak berdirinya LKC DD Aceh pada Juli 2012 angka penerima manfaat mencapai lebih dari 23.000 jiwa, LKC DD Aceh melayani khusunya masyarakat dhuafa kota banda aceh dan aceh besar, serta masyarakat provinsi aceh pada umumnya.
   Wakil Walikota Banda Aceh Ibu Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE bersama muspida dan juga tokoh
 masyarakat Aceh saat menggunting pita peresmian Layanan Kesehatan Cuma-Cuma  Dompet Dhuafa
(LKC-DD) Aceh pada tanggal 17 Juli 2012 di Banda Aceh.

  • Visi dan Misi

visi
Menjadi institusi yang terpercaya, bersahabat dan mampu memberi nilai tambah dalam program kesehatan yang terpadu bagi dhuafa di Aceh tahun 2015.

Misi
1.  Menjalin ukhuwah dan meningkatkan persatuan, kebersamaan dan peduli antar sesama.
2.  Mengembangkan program promosi dan preventif kesehatan yang inovatif dan kreatif
3.  Mengembangkan pelayanan kesehatan yang profesional dan berbasis IPTEK
4.  Mengembangkan upaya advokasi dan pemberdayaan kesehatan masyarakat
5.  Meningkatkan kerjasama program kesehatan dengan institusi tingkat local, nasional dan internasional
6.  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Insani







Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar